top of page
Search
  • marquezholman59fxl

4 Negara Ini Terancam Resesi Susul Korsel & Singapura, Indonesia?

Kedua, penerimaan sektor perpajakan terus meningkat setiap tahunnya, tergambar dalam rasio pajak terhadap PDB . Peningkatan tax ratio dalam beberapa tahun terakhir mengindikasikan bahwa APBN semakin sehat dan ruang fiskal semakin terbuka lebar.

Sebagai instrumen fiskal utama, APBN perlu disusun dengan prinsip kehati-hatian agar menghasilkan postur APBN yang sehat, kredibel dan berkelanjutan. Sehingga, diharapkan mampu merespon dinamika persoalan ekonomi global yang diambang resesi, mampu menjadi stimulus fiskal yang efektif dalam mendorong pembangunan nasional.

"Percayalah, investasi di kawasan yang melambat justru menunjukkan sentimen positif ke Indonesia, mencerminkan aliran modal masuk," ujarnya. Kawasan ini merupakan kawasan ekonomi terbuka dengan perdagangan antarnegara tanpa ada hambatan tarif.

CNBC Indonesia menulis, perlambatan ekonomi ini disebabkan pembatasan sosial pendemi corona hingga membuat runtuhnya permintaan global, gangguan pasokan, perubahan perilaku konsumen dan ketidakpastian di kalangan investor. Menyusul Thailand, Filipina masuk ke dalam daftar negara yang rentan terjangkit resesi. Sebab, sejak kuartal pertama 2020, negara yang dipimpin Duterte ini telah mencatatkan minus 0,2 persen.

Imbas corona serta jatuhnya harga minyak dunia melemahkan investasi dan ekspor. “Gambaran ekonomi global tampak suram, dengan resesi di hampir setiap ekonomi maju di seluruh dunia," kata Direktur Forecast Global EIU, Agathe Demarais dikutip dari The Economist, Selasa (31/3/2020). Hal ini karena negara "The Lion City" ini butuh tempat berinvestasi untuk meningkatkan ekonominya.


Seperti yang diketahui, perkembangan ekonomi digunakan sebagai tolok ukur dalam menentukan baik buruknya kondisi perekonomian suatu negara. Dampak lain atas penurunan tingkat produksi juga mengakibatkan daya beli masyarakat menurun, yang berimbas pada turunnya keuntungan perusahaan. Setiap negara di dunia kian berusaha mendorong perekonomian negara supaya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh sebab itu, Pemerintah dituntut untuk terus mendorong peningkatan tax ratio melalui berbagai inovasi kebijakan dengan tetap memberikan insentif fiskal untuk daya saing dan investasi. Hal ini menunjukkan bahwa APBN dikelola dengan efisien dan efektif sebagai instrumen kebijakan fiskal dalam rangka mendorong laju pembangunan. pt solid gold berjangka , kondisi yang lebih buruk dapat terjadi jika penyebaran Covid-19 di Indonesia berlangsung lebih dari dua kuartal dan negara-negara yang menjadi mitra utama ekspor Indonesia juga mengalami hal serupa.

0 views

Recent Posts

See All

Fokus Pasar

Dr Lowe mengatakan perang tarif yang terjadi sejauh ini yang melibatkan Amerika Serikat dan China mungkin tidak akan berpengaruh terlalu besar, namun bisa membuat keadaan memburuk bila terus berlanjut

bottom of page